...Selamet Dateng @ Jepretan & Coretan ala Goblog...

Manusia, Komunikasi & Budaya

Ketika kita berpaling ke masa lalu dan mengingat kembali, sejak kapan kita mulai berkomunikasi dan kita mengenal budaya sebagai bagian dari alur kehidupan kita? Sekilas memori terbayang meretas waktu, seakan tahu bagaimana ketika ibunda berbicara dengan kita saat masih menjadi satu dalam dirinya, dan ayah menjadi sosok ’nahkoda’ yang membimbing dan mengajari kita dalam mengarungi lautan kehidupan dengan ilmu agama, budaya, adat, keikhlasan dan kebijaksanaan. 

Sehingga sampailah kepada diri kita saat ini, dengan komunikasi dan budaya dari orangtua kita. Komunikasi dan budaya ibarat saudara kembar yang memiliki peran berbeda namun saling berkaitan dan membutuhkan. 


Kebutuhan manusia akan komunikasi, dikarenakan manusia bukanlah mahluk individu yang dapat berdiri soliter. Manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan keberadaan manusia lainnya untuk bertahan hidup. Oleh sebab itu manusia membutuhkan komunikasi sebagai sarana untuk bisa berinteraksi dengan manusia lainnya untuk mencapai tujuannya. 

Sebagai mahluk sosial, manusia juga berbudaya, seperti yang diungkapkan oleh James Spradley, dimana budaya merupakan sistem pengetahuan yang diperoleh manusia melalui proses belajar, yang kemudian mereka gunakan untuk menginterpretasikan dunia sekelilingnya, sekaligus untuk menyusun strategi perilaku dalam menghadapi dunia sekitar.


Budaya dan komunikasi memiliki hubungan timbal balik. Budaya mempengaruhi komunikasi dan sebaliknya komunikasi mempengaruhi budaya. Budaya tidak akan bisa terbentuk tanpa komunikasi. Pola-pola komunikasi yang tentunya sesuai dengan latar belakang dan nilai-nilai budaya akan menggambarkan identitas budaya seseorang.

Martin dan Nakayama (2003:86) menjelaskan bahwa budaya dapat mempengaruhi proses dimana seseorang mempersepsi suatu realitas. Semua komunitas dalam semua tempat selalu memanifestasikan atau mewujudnyatakan apa yang menjadi pandangan mereka terhadap realitas melalui budaya. Sebaliknya pula, komunikasi membantu kita dalam mengkreasikan realitas budaya dari suatu komunitas.

0 comments:

Post a Comment